Friday, May 12, 2006

Kapitalisme itu emang dodol….

Kapitalisme itu bener2 sialan, ibarat kacang lupa kulitnya. Gak tau diri! Coba pikir, dia itu lahir kerna ada orang2 pelit tapi nuntut orang supaya boros. Kerna kikir dan boros itu dua sifat yang saling bertolak belakang, maka dalam sistim kapitalis kudu ada dua kelompok orang, yang satu pelit gak ketulungan yang satunya lagi boros gak kepalang. Dalam sistim kapitalis, orang2 kikir jadi sumber akumulasi modal, dengen modal nyang mingkin banyak produksi jadi massal dan effisien. Kalo produksi jadi ningkat, pasti kudu ada orang yang beli. Nah, orang2 boros ini nyang kudu bisa beli semua produk kapitalis. Dodol kan? Gimana gak dodol, dalem satu cara diperluken dua sikap yang tolak belakang.

Itulah kenapa banyak orang nuduh kapitalisme itu sumber imperilaisme, penjajahan. Awalnya waktu james watt menemukan mesin uap (mungkin di gudang barang bekas orang madura?), orang mulain bisa bikin mesin produksi yang canggih. Dengen mesin canggih itu produksi jadi berlipat ganda. Tambahan produksi itu kedengerannya bagus, tapi ini jadi buah ‘simalakama’. Barang yang banyak pasti kudu dijual, kudu ada nyang beli. Jelas buruhnya sendiri kagak bakal bisa beli semua hasil produksinya (kerna upahnya lebih rendah dari produktifitas rata2, kerna itu ada surplus yang diambil pemilik mesin), jadi kudu ada orang luar nyang ‘harus beli’. Kedua, supaya barang nyang banyak itu laku dijual dipasar yang berdaya beli rendah (inget buruh dibayar dibawah rata2 produktifitasnya) maka perlu bahan baku murah. Dua hal ini (perlunya perluasan pasar dan ketersediaan bahan baku murah) mendorong para petualang eropa buat nyari ‘daerah baru’ buat dijadikan ‘konsumen’ sekaligus penyedia ‘bahan mentah’. Itulah sebenernya cikal bakal dari imperialisme tradisional dulu….

Apa keadaan itu sekarang masih berlangsung? Banyak orang bilang begitu. Kita tahu TOT (terms of trade) indeks komodity primer relatif terhadap barang industry terus menurun secara terus menerus. Ini nunjukkin bahwa barang induary yang diproduksi Negara maju itu disubsidi secara tidak langsung oleh bahan baku murah dari negara berkembang. Kalo gak gitu gimana bisa negara maju menikmati surplus produksinya kerna sebenernya perbedaan produktifitas itu semata kerna perbedaan TOT. jadi keliatannya dari dulu sampe sekarang keadaannya sami mawon. bedanya dulu pake senjata, sekarang pake negosiasi (kadang2 plus senjata juga).

Terus kenapa kita terima ideology dodol ituh. Ya kerna gak ada pilihan laen. Dari pada pake system komunis yang apa2 kudu seragam, kapitalis itu ternyata masih mendingan….

0 Comments:

Post a Comment

<< Home