Wednesday, May 03, 2006

Pramudya siapa ya?

kemaren saya baca berita di koran ada orang mati. lucunya beritakematian itu jadi headline. di tipi juga saya sempet denger sekilasberita kematian ituh. penting amat orang itu yah, sampe beritakematiannya ajah ada di headline depan, koran nasional pula! orangitu bernama pramudya anantatur!terus terang, mahap, saya gak kenal orang ituh. kalo pramuria sayatau. kisahnya cukup populer dinyanyian titik puspa, peterpanmembarukannyah. pramudya, siapa ya?kata orang bukunya bagus, dapet pujian banyak kritisi (katanya!).sebagian besar bukunya dulu, jaman cang ato banyak dilarang. terusterang lagih, mahap, saya satu pun belon pernah baca bukunyah. bukunyang kagak dilarang ajah belon saya baca semuah, buat apa susah2nyar buku nyang dilarang. sampe sekarang pun setelah buku yangdilarang itu boleh diedarken saya belon abis baca semua buku yangkagak pernah dilarang. jadi buku2 pramuria, eh mahap... pramudia?!gak pernah satu pun saya baca.mungkin saya naif (bener saya seneng musiknya grup anak muda nyangsok jadoel ituh), tapi apa saya salah kalo gak ngefans sama pramuriaeh pramudya? tanpa pretensi merendahkan mutu buku2 yang ditulisnyasaya kuatir penilaian orang tentang karyanya bias kerna pelaranganatasnya, atau karena buku itu belon pernah saya baca. artinya sayakuatir orang menganggap bahwa semua buku yang kagak saya baca berartibagus adanya....ada sedikit yang bikin saya kasih komentar tentang berita kematianituh. yaitu pernyataan si mayit sebelon mati kepada sodaranya,bunyinya beginih: "jangan mengkultuskan saya....." [pernyataannyaagak panjang, gak relevan buat ditulis disinih]. saya bercermin padabudaya orang jawa: "kalo pengen gak perlu minta, jangan kasih orangyang me-minta2". "jangan mengkultuskan saya..." ini sama dengan kata2suharto "gak jadi presiden juga gak pathekken....". saya kok jadi men-duga2, dua orang ini sama. yang terakhir pengen jadi persiden seumurhidup, yang pertama pengen jadi semacem ikon di dunia sastra.aduh mahap pramuria siapa ya....
PM

0 Comments:

Post a Comment

<< Home